Menu

Instalasi OwnCloud pada OpenSUSE 13.1

Instalasi OwnCloud pada OpenSUSE 13.1

Posted by

owncloud-square-logo

Apa Sih OwnCloud ???

Biasanya yang terlintas pertama kali dari kata diatas yaitu Cloud / Awan. Ya, memang benar OwnCloud adalah suatu teknologi cloud computing yang dapat dengan mudah di Install pada server dan dapat dengan mudah di Akses bagi usernya. OwnCloud merupakan perangkat lunak / Software yang bersifat OpenSource atau gratis layaknya Dropbox. Macam-macam teknologi cloud computing yang ada sekarang seperti OwnCloud yaitu Google Drive, Dropbox, Mega dll.

Kenapa Memilih OwnCloud ??

Karena OwnCloud dapat dengan mudah di install pada server dan dapat dengan mudah di akses melalui web atau aplikasi desktop dari OwnCloud sendiri, selain itu OwnCloud juga bersifat OpenSource atau gratis, walaupun juga ada Lisensi yang di tawarkan.

Instalasi OwnCloud

Seperti yang saya katakan, instalasi owncloud Memang sangat Mudah. Berikut tahapannya :

Informasi

IP Address     : 192.168.1.124/24
Gateway        : 192.168.1.1
Hostname       : owncloud.excellent.co.id
Sistem Operasi : OpenSUSE 13.1

Tambahkan Repository OwnCloud pada OpenSUSE

Untuk paket OwnCloud sendiri yaitu berada terpisah dari repository opensuse, yaitu berada pada “http://download.opensuse.org/repositories/isv:/ownCloud:/community/“, pada website tersebut kita harus menyesuaikan OS yang digunakan untuk instalasi OwnCloud, karena saya menggunakan OpenSUSE 13.1 maka jalankan perintah berikut :

zypper ar http://download.opensuse.org/repositories/isv:/ownCloud:/community/openSUSE_13.1/ ownCloud
zypper refresh

Install Apache & LAMP Server

Paket ini berfungsi agar Owncloud dapat di akses dengan Web Interface, untuk installasinya yaitu buka YaST kemudian untuk mempermudah pencarian paket yaitu pada bagian Filter pilih pattern.

2. pattern

 

Centang Paket “Web & LAMP Server” dengan  cara mengetik Enter, and Accept :-D.

3. lamp

 

Instal OwnCloud

Tahap terakhir yaitu instalasi OwnCloud, caranya sangat mudah, jalankan perintah berikut :

4. zypper in owncloud

 

Konfigurasi OwnCloud 

OwnCloud dapat diakses dengan cara ‘http://ipaddress/owncloud” dan pada saat pertama kali di buka owncloud terlebih dahulu harus dikonfigurasi, di tahap ini yaitu hanya menambahkan user, direktori dimana data user disimpan, dan Database yang digunakan.

5. owncloud

 

Oke Cloud buatan sendiri sudah dapat di akses. Oh ya Jika ingin menggunakan Domain maka kita hanya perlu menambahkan DNS nya dan di arahkan ke Direktori OwnCloud tersebut.

Instalasi OwnCloud Client pada Windows

Layaknya Google Drive, OwnCloud juga mempunyai aplikasi client tersendiri. OS yang di support pun banyak. Namun saya hanya akan menjelaskan OwnCloud Client pada Windows dahulu

  1.  Download OwnCloud Client for windows pada link berikut : “https://download.owncloud.com/desktop/stable/ownCloud-1.7.0.4162-setup.exe
  2.  Instal OwnCloud Client.
  3. Pada Wizard pertama tentukan alamat dari OwnCloud yang telah kita buat (192.168.1.124/owncloud).7. owcl
  4. Masukkan user yang digunakan 8. user
  5. Dan tentukan Folder OwnCloud data  ditempatkan.

9. folder

 

Finish, Semoga Bermanfaat 😀

 

 

 

Muhammad Dhenandi

One Comment

  • widianto says:

    Terakhir sekitar tahun 2012-an saya menggunakan owncloud masih terkendala sinkronisasi yg tidak uptodate terumata sync file1 besar, apakah versi yang di posting sudah fix perihal masalah sync ?

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Menu