Menu

Training Mengenai Virtualization?

Training Mengenai Virtualization?

Selama ini Excellent mengadakan 2 tipe training sesuai dengan demand, yaitu training Zimbra Mail Server dan training Migrasi Windows-Linux server. Training Zimbra awalnya diadakan selama 1 hari sedangkan training Migrasi Windows Linux diadakan selama 2 hari.

Atas permintaan beberapa peserta training yang membutuhkan advance training untuk maintenance dan penanganan Zimbra, akhirnya diputuskan bahwa training Zimbra Mail Server juga diadakan dalam 2 hari. Hari pertama membahas mengenai instalasi Zimbra dan penanganan administrasi standar, hari kedua membahas mengenai penanganan Zimbra Mail Server tingkat lanjut, misalnya penggunaan virtualisasi, backup & restore, tuning, improvement anti spam dll.

Selain 2 training tersebut, Excellent berencana membuka 1 paket training lainnya, yaitu dalam bentuk training Virtualisasi. Training ini rencananya dibuka sebagai respon atas perkembangan teknologi virtual server dan cloud computing, yang banyak memberikan manfaat bagi perusahaan, baik dari segi penghematan biaya investasi perangkat keras, biaya listrik, AC, maintenance sistem, kemudahan backup dan restore dan lain-lain.

Saat ini ada beberapa teknologi yang rencananya dimasukkan kedalam paket training, yaitu VMWare, VirtualBox dan Xen Hypervisor. Jika waktunya mencukupi, ada kemungkinan pembahasan teknologi KVM dan OpenVZ.

Untuk persiapan training ini, kami menyiapkan perangkat komputer yang processornya mendukung VT (Virtualization Technology) dan melakukan upgrade memori sehingga standarnya masing-masing memiliki minimal memori 2 GB.

Pertanyaannya adalah : kira-kira berapa lama waktu training yang dibutuhkan dan berapa biaya training yang wajar dan relatif terjangkau oleh rekan-rekan yang berniat mengimplementasikannya diperusahaan atau tempatnya bekerja. Jika pembahasan dibatasi pada 3 teknologi, waktu 1 hari mungkin cukup tapi jika pembahasan mencakup sebagian besar teknologi virtualisasi, waktu 2 hari lebih masuk akal.

Jika anda memiliki pendapat, silakan share melalui halaman komentar dibawah ini.

Masim Vavai Sugianto

2 Comments

  • nanks306 says:

    Nice Thread…. Terus Maju Nih Infotamanya 😀

    Saya rasa kalau cuma 1 hari gak cukup bos..apalagi dengan 3 virtual app. Yang ada nanti cuma dapet ‘kulit luarnya’ aja. Kalau mau di kompress menjadi 2 hari minimal..hehe.
    Oh ya bos sekedar masukkan aja..untuk training seperti ini sepertinya harus dilakukkan mapping terhadap kemampuan teknis pesertanya dulu, jangan sampai ikut kelas training ini tapi ‘linux’nya aja lom tau…hehe..bukan apa – apa bos..kasihan nanti peserta dan yang jadi trainernya..kalau kemampuan peserta memiliki gap yang yang terlalu tinggi.

  • admin says:

    @Nanks306,

    Thanks buat masukannya mas Nanang. Saran yang baik, saya akan tuliskan prasyarat minimal untuk mengikuti training ini.

    BTW, saya berencana menggabungkan virtualization dengan clustering (DRBD, HeartBeat, OpenAIS dan Pacemaker) jadi memang kemungkinan besar mengambil waktu 2 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Menu