Menu

Mengapa Memilih Nakivo Backup & Replication?

Mengapa Memilih Nakivo Backup & Replication?

Saat ini virtualisasi menjadi salah satu model komputerisasi modern. Migrasi dari server fisik ke virtual dilakukan secara masif & besar-besaran. Tren yang sedang berkembang tersebut pastinya memunculkan concern baru yaitu soal backup data.

Backup merupakan bagian terpenting pada infrastruktur berbasis virtualisasi. Memiliki cadangan file (backup) critical system sama dengan menjaga business continuity (Keberlangsungan Bisnis). Maka dari itu ketika memilih software backup, kita perlu memastikan bahwa backup berjalan efektif, efisien serta dapat direstore secara cepat jika terjadi hardware failure, natural disaster (bencana alam), infeksi malware, maupun karena tidak sengaja terhapus dan sebagainya.

Nakivo Backup & Replication

Nakivo Backup & Replication didesain untuk environment virtualisasi berbasis VMware dan merupakan solusi komplit VM backup, replikasi dan recovery. Nakivo telah mendapatkan sertifikasi dari VMware dan sudah digunakan oleh lebih dari 13.000 customer. Bahkan Nakivo memperoleh penghargaan sebagai “Best of VMworld 2018” Gold Award for Data Protection yang diadakan oleh SearchServerVirtualization.com.

Berikut beberapa feature sebagai bahan pertimbangan mengapa memilih Nakivo Backup & Replication sebagai aplikasi backup untuk infrastruktur virtualisasi yang anda miliki

Simple Deployment

Installer Nakivo tersedia di berbagai platform agar sesuai dengan kebutuhan user. Anda dapat menginstall pada sistem operasi berbasis Windows, Linux dan dalam bentuk Virtual Appliance yang siap digunakan. Anda juga dapat menginstall Nakivo Backup & Replication diatas NAS Server seperti Synology NAS atau Western Digital NAS dengan sekali klik 🙂

Incremental Backup

Mekanisme backup pada Nakivo berbeda dengan tradisional backup pada umumnya, yaitu full backup hanya dilakukan sekali saat pertama kali proses backup. Selanjutnya backup akan dilakukan secara incremental. Maksud dari Incremental disini adalah hanya melakukan backup selisih atau perubahan data dari terakhir kali backup.

Images-Based & Agentless Backup

Skema backup pada Nakivo Backup & Replication adalah Images-Based Backup. Yang berarti saat proses backup seluruh isi VM (Virtual Machine) akan dicapture. Jadi Nakivo akan menyimpan keseluruhan data VM pada waktu tertentu, tidak hanya file dan folder tapi juga konfigurasi sistem, aplikasi, disk serta semua terkait data VM. Maka dari itu jika terjadi gangguan di infrastruktur production, anda dapat merestore VM secara langsung dengan kondisi yang sama saat dibackup

Selain itu kelebihan image-based backup adalah tidak memerlukan software/agent yang diinstall di host atau VM source maupun target. Nakivo Backup & Replication terintegrasi dengan VMware via VMware vStorage API for Data Protection (VADP) tanpa harus menggunakan software tambahan.

Application-aware VM Backups

NAKIVO Backup & Replication mendukung application-aware backup dengan kata lain backup yang konsisten dengan aplikasi. Dalam artian Nakivo tidak hanya snapshot VM, tapi juga mumungkinkan aplikasi untuk menyelesaikan transaksi yang masih diproses dan menyimpannya dari memory ke disk. Sehingga VM Backup dalam keadaan konsisten saat disnapshot/dibackup.

Built-in VM Replication

Replication Nakivo Backup & Replication

Replication Nakivo Backup & Replication

VM Replication adalah pembuatan salinan VM yang identik antara source dan target VM. Salinan VM yang biasa disebut VM Replika dalam kondisi off dan tidak aka memakan resource. Dapat diaktifkankan apabila ada gangguan di VM Production

Replikasi Backup VM

Backup memungkinkan hilang karena beberapa alasan diantaranya, tidak sengaja terhapus, file backup corrupt, hardware fail, mailware attack dan lain hal yang tidak bisa diprediksi. Dengan demikian memiliki lebih dari satu salinan backup server critical dapat memastikan data bisa direcover ketika terjadi disaster.

Nakivo Backup & Replication mampu secara otomatis membuat salinan file backup VM di lokasi lain maupun di cloud (AWS atau Azure). Copy Backup VM ini dilakukan dari salah satu backup repository ke backup repository yang lain bukan dengan host atau VM Source.

Data Encryption

Mentransfer dan menyimpan backup VMware di lokasi terpisah dari server production merupakan best practise dalam setup backup. Namun muncul ancaman data dapat diakses oleh pihak yang tidak berhak. Sehingga diperlukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi hal tersebut.

Enkripsi backup VMware sebelum ditransfer ke repository di lokasi lain menjadi solusi. NAKIVO Backup & Replication memiliki feature enkripsi menggunakan algoritma AES 256.

Selain feature diatas, Nakivo Backup & Replication juga membantu mengurangi biaya backup VM dengan memanfaatkan feature dibawah ini :

  1. Pada topologi single site deployment, Nakivo hanya memerlukan 2 Core CPU dan 4 GB RAM. Alternatif lainnya anda bisa install langsung di Synology atau Western Digital NAS. Tanpa perlu menyediakan resource/server baru.
  2. Nakivo mendukung data deduplication dan kompresi yang menghemat penggunaan storage backup
  3. Nakivo Backup & Replication tidak memerlukan agent/softaware yang diinstall di source maupun target host. Sehingga anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk install, configure dan maintain agent.
  4. Interface sederhana dan mudah digunakan, menghemat waktu administrator dalam settinga backup.
  5. Recover VM secara instan dan granular maksudnya adalah dengan Nakivo dapat merecover file data aplikasi seperti (microsoft exchange, SQL Server dan active directory) langsung dari file backup tanpa harus merestore seluruh VM terlebih dahulu. Dan dengan begitu recover VM membutuhkan waktu lebih cepat dibandingkan menunggu recover satu VM secara utuh.

Dengan menggunakan Nakivo anda dapat meningkatkan performa backup, kehandalan (realibility) serta mempersingkat waktu recover serta meminimalisir cost operasional backup.

Apabila tertarik dengan product Nakivo Backup & Replication atau butuh informasi lebih detail mengenai Nakivo, silakan menghubungi kami via email sales@excellent.co.id atau melalui form berikut.

Nama (wajib diisi)

Email (wajib diisi)

No Telp/HP (wajib diisi)

Perusahaan

Paket Nakivo

Pesan

Kode Keamanan
captcha

Arif Rahman Hakim

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Menu