Menu

Tips Memilih Tipe SSL Certificate yang Tepat

Tips Memilih Tipe SSL Certificate yang Tepat

Berkembangnya suatu website, menjadikan kehadiran sertifikat SSL sangat dibutuhkan. Sertifikat SSL menjadi jaminan keamanan untuk sebuah website dan pengunjung website. SSL (Secure Socket Layer) Certificate ibarat sebuah gembok yang melakukan enkripsi setiap transaksi data di website anda agar lebih aman. SSL Certificate akan melindungi pertukaran data-data sensitif Anda dengan fitur enkripsi yang dimilikinya. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa penggunaan SSL Certificate pada sebuah website bersifat wajib, terlebih lagi jika banyak transaksi data yang penting.

Namun sebelum memasang SSL Certificate, kamu harus memahami terlebih dahulu tipe SSL Certificate yang ada. Karena saat ini terdapat beberapa tipe SSL Certificate yang tersedia. Sebelum menentukan Sertifikat SSL yang mau Anda beli, Anda harus tahu dahulu nih beberapa tipe sertifikat SSL dan tips memilih tipe SSL yang sesuai dengan kebutuhan, biaya dan kenyamanan Anda. Berikut penjelasan dari beberapa tipe SSL Certificate yang tersedia

Sertifikat SSL Single Domain

Sertifikat SSL yang pertama yakni dengan tipe Single Domain hanya berfungsi untuk mengamankan satu domain atau subdomain saja. Untuk SSL Certificate ini cocok jika kebutuhannya hanya untuk 1 nama domain atau subdomain saja.

Pada contoh kasus: Anda menggunakan sertifikat SSL pada domain utama yaitu excellent.co.id. Maka, website dengan nama domain excellent.co.id akan terjamin keamanan jalur pertukaran datanya dengan fitur enkripsi yang dimiliki SSL. Sedangkan untuk subdomain lainnya tidak tercover oleh SSL Certificate tersebut.

Sertifikat SSL Wildcard

Sertifikat SSL tipe Wildcard dapat digunakan untuk Anda yang mempunyai satu domain utama tetapi memiliki banyak sub domain. Sertifikat tipe ini dapat mengamankan satu domain utama dengan semua sub domainnya, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya administrasi yang cukup besar.

Pada contoh kasus: Anda ingin menggunakan sertifikat SSL Wildcard pada domain utama excellent.co.id, tetapi ingin juga mengamankan sub domain dari domain utama tersebut, contohnya: website.excellent.co.id, email.excellent.co.id dan lainnya. Anda tidak perlu membeli sertifikat tipe single untuk sub domain tersebut, Anda hanya perlu membeli satu sertifikat SSL Wildcard untuk mengamankan sub domain yang Anda miliki.

Sertifikat SSL Multi Domain

Tipe sertifikat SSL yang terakhir adalah SSL Certificate Multi Domain. SSL tipe ini dapat digunakan untuk melindungi lebih dari satu domain utama. Jadi, sertifikat multi domain dapat Anda gunakan untuk melindungi beberapa domain maupun subdomain hanya dengan satu sertifikat.

Pada contoh kasus: Anda memasang sertifikat SSL Multi Domain pada lebih dari satu domain utama, misal excellent.co.id, kreasi.co.id, infotama.co.id, dan lainnya. Maka, ketiga domain tersebut akan terjamin keamanan situsnya dengan menggunakan SSL Certificate.

 

Bagaimana, apakah sudah mendapat rencana untuk SSL Certificate yang ingin dipilih? Setelah menyimak penjelasan diatas, Anda sedikit banyak sudah memahami tipe-tipe sertifikat SSL dan sudah mengetahui kira-kira kebutuhan Anda jatuh pada tipe yang mana. Jika Anda masih bingung dan tidak tahu ingin membeli sertifikat SSL ini dimana, Anda bisa konsultasi dan menanyakannya di PT Excellent Infotama Kreasindo.

Mengapa Anda harus membeli SSL di PT Excellent Infotama Kreasindo?

  1. Anda mendapatkan panduan instalasi SSL Certificate
  2. Anda mendapatkan support instalasi SSL serta proses konfigurasinya diberbagai platform via Remote
  3. Anda mendapatkan support untuk melakukan revoke dan reissue SSL Certificate
  4. Anda mendapatkan kemudahan dalam pemesanan SSL Certificate klien hanya perlu menginformasikan tipe SSL, masa waktu yang diinginkan dan nama domain.
  5. Tidak seperti penyedia SSL lain yang hanya memberikan file sertifikat dan key saja, Anda bisa merequest file untuk kebutuhan instalasi SSL di berbagai bidang platform aplikasi, misal: PFQ, atau P12 dan PEM

Jadi tunggu apalagi? Jika Anda membutuhkan SSL di atas, selalu percayakan pada layanan terbaik yang disediakan oleh kami. Silakan jangan ragu untuk menghubungi PT Excellent Infotama Kreasindo.

Alifa Tri Febrianti

Sales & Marketing specialist PT Excellent Infotama Kreasindo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu