Menu

Solusi Backup VMware vSphere : NAKIVO Backup & Replication

Solusi Backup VMware vSphere : NAKIVO Backup & Replication

Nakivo merupakan tools backup dan replication yang menawarkan proteksi data dengan feature yang lengkap ditujukan untuk virtual environment dapat mensupport baik on premise maupun cloud. Beberapa product virtualisasi yang di support antara lain VMware, HyperV, Nutanix bahkan Nakivo juga support untuk backup Cloud Environment (AWS EC2).

NAKIVO merupakan pilihan yang tepat bagi perusahaan yang memiliki kebutuhan backup VM dengan harga yang cukup terjangkau dan performa yang handal. Untuk kualitas kami bisa jamin, tidak kalah dengan aplikasi backup VM yang sudah lebih dahulu ada, bahkan bisa kami bilang lebih handal jika dibandingkan aplikasi backup VM yang lain.

Excellent sebagai partner VMware maupun NAKIVO, turut menggunakan dan mengintegrasikan kedua aplikasi tersebut. Excellent sudah cukup lama menggunakan NAKIVO untuk melakukan backup pada VMware vSphere cluster yang kami punya, dan terbukti bahwa performa dari NAKIVO ini memang mumpuni.

Excellent sangat menganjurkan aplikasi NAKIVO. Jika teman-teman sudah memakai VMware dan belum tahu harus backup VM yang ada menggunakan apa. NAKIVO ini adalah solusi yang tepat. Selain backup yang bisa dilakukan dengan mudah, NAKIVO juga memiliki kemampuan untuk restore dalam waktu yang cepat.

NAKIVO sebagai aplikasi VM Backup Nomor 1 yang diakui oleh VMware

Feature Nakivo Backup & Replication

Dibawah ini adalah beberapa fitur yang bisa teman-teman jadikan bahan pertimbangan untuk memilih NAKIVO sebagai aplikasi backup VM yang ada di VMware vSphere cluster teman teman.

  1. Support virtualisasi modern VMware, Hyper-v dan AWS EC2
    Nakivo membackup dan mereplikasi  Image, aplikasi full maupun incremental pada virtualisasi berbasis VMware, Hyper-v dan AWS EC2 yang berarti Nakivo dapat membackup seluruh data serta memastikan konsistensi aplikasi dan database yang berjalan di VM.
  2. Replication
    VM replication dapat membuat dan menyimpan salinan yang identik dengan sources VM. Jika terjadi masalah serius di server production kita dapat menyalakan VM Replika dengan cepat sehingga dapat meminimalisir adanya downtime.
  3. Data Deduplication dan Compression
    By default Nakivo otomatis mededuplikasi seluruh file backup pada repository backup. Dengan deduplication memastikan block data yang unik saja yang disimpan selain itu file backup juga di kompres untuk menghemat storage server backup.
  4. Copy Backup file ke Cloud
    File backup VM kemunkinan bisa rusak, corrupt, hilang atau tidak sengaja terdelete. Untuk menjaga dari hal tersebut Nakivo dapat di konfigurasi untuk mengcopy file backup dari on premise ke cloud (Azure/AWS)
  5. Network Acceleration
    WAN dan LAN sebagai jalur backup terkadang memiliki limitasi bandwidth, Nakivo dapat menggunakan teknik kompresi dan reduksi traffik untuk mempercepat transfer data. Feature tesebut rata-rata mampu mengurangi beban jaringan sebanyak 50% dan mempercepat akselerasi transfer data 2x lipat.
  6. Instant VM Recovery
    Flash VM Boot dapat menjalankan VM berbasis VMware langsung dari data backup VM. Dengan feature tersebut kita dapat merecover VM dalam hitungan menit tanpa menunggu full restore dari backup selesai. Dengan flash VM Boot, kita juga dapat memverikasi hasil Backup atau menjalankan Disaster Recovery test.
  7. Exclude Backup Swap File
    Swap file berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk data yang tidak digunakan oleh RAM. File Swap bersifat konstan jika ikut dibackup akan membutuhkan beberapa Gigabyte storage yang tidak berguna. Nakivo otomatis meng-excludekan swap file pada VM berbasis VMware maupun Hyper-V untuk mempercepat proses backup dan menghemat storage.
  8. Product Auto Update
    NAKIVO memiliki kemampuan untuk otomatis update jika ada versi baru pada aplikasi NAKIVO, sehingga administrator tidak perlu melakukan update secara manual. Auto update bisa di konfigurasi sesuai keinginnan, misalnya otomatis instal saat ada update baru ataupun dijadwalkan kapan update dilakukan.
  9. Windows Server Backup (Physical Server)
    NAKIVO versi terbaru (v9.0) sudah memiliki kemampuan untuk melakukan backup terhadap server physical dengan sistem operasi Windows Server. Penggunaan backup Windows Server ini juga cukup mudah, bisa di set scheduling backup ataupun on demand dan juga backup partisi tertentu saja. Bahkan, recover bisa dilakukan hanya untuk object tertentu saja, tidak harus recover keseluruhan sistem. Misalnya hanya recover database SQL saja, recover Exchange saja, ataupun Active Directory saja. Jadi secara praktek, pertama akan dilakukan backup keseluruhan sistem Windows Server, selanjutnya recover object tertentu saja.

Melihat feature diatas, Nakivo sangat cocok bagi institusi atau perusahaan yang concern dengan Data dan menginginkan tool backup yang cepat serta handal dalam membackup data VM baik pada environment on premise maupun cloud dan tentu saja dengan harga terjangkau.

NAKIVO sendiri bisa diinstal di berbagai macam host. Dari mulai Windows, Linux, maupun sebagai virtual appliance (OVF/OVA), ataupun diinstal di NAS storage. Untuk sistem operasi Linux, Excellent biasanya menggunakan sistem operasi Ubuntu. Selain Ubuntu, bisa juga menggunakan SUSE Linux Enterprise Server dan Red Hat Enterprise Linux.

Jika tertarik dengan product Nakivo Backup & Replication atau butuh informasi lebih detail mengenai Nakivo baik untuk layanan Onpremise maupun Cloud, silakan menghubungi kami via email sales@excellent.co.id.

Muhammad Raihan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu