Menu

Comodo CA Sekarang Berubah Nama Menjadi Sectigo

Comodo CA Sekarang Berubah Nama Menjadi Sectigo

Jika anda peduli dengan keamanan website terutama SSL Certificate, pasti anda sudah tidak asing lagi jika mendengar nama Comodo CA. Comodo merupakan salah satu brand besar dalam bidang keamanan/security terutama untuk keamanan sebuah halaman website. Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui produk tersebut atau bahkan sudah menggunakan produk SSL Certificatenya pada halaman website perusahaan, email server, atau bahkan blog pribadi milik kalian. Kami pun menggunakan produk SSL Certificatenya untuk keamanan Website serta Email server Zimbra yang kami kelola.

Ada beberapa tipe SSL Certificate yang disediakan Comodo, mulai dari Single Domain yang hanya dapat digunakan untuk 1 domain/sub domain (contoh: www.excellent.co.id); kemudian Multi Domain yang dapat digunakan di beberapa domain (contoh: www.excellent.co.id, mail.excellent.co.id, dan portal.excellent.co.id); serta Wildcard yang dapat digunakan untuk unlimited subdomain dari domain yang didaftarkan (contoh: *.excellent.co.id). Kami memilih menggunakan tipe SSL Wildcard untuk kemudahan dan efisiensi biaya, karena hanya dengan membeli 1 produk tersebut maka dapat digunakan untuk unlimited sub domain.

Comodo Mengubah Nama menjadi Sectigo

Tahukah kalian bahwa Comodo mengubah namanya menjadi Sectigo?

Beberapa waktu lalu Comodo resmi mengubah nama produk serta perusahaannya menjadi Sectigo (eng: Sec-Tee-Go). Hal tersebut sudah diputuskan karena adanya akuisisi Comodo oleh Francisco Partner sekitar tahun lalu. Perubahan nama tersebut merupakan rebranding yang dilakukan mereka untuk menghilangkan nama dan logo sebelumnya (Comodo) menjadi baru dan berbeda (Sectigo).

Pihak Sectigo sangat optimis dan pede dengan perubahan/branding produk miliknya, pasalnya perusahaan yang menaunginya berfokus pada investasi dalam bisnis teknologi dan layanan yang mendukung teknologi. Berikut beberapa kutipan dari pihak Sectigo dalam menanggapi perubahan/branding tersebut.

“Kami berada di tepi revolusi digital, perbatasan liar penuh peluang, dan perangkap. Berdiri di siap, antara Anda dan mereka yang akan mengambil keuntungan – adalah kami. Kami pikir kolaborasi. Kami menghirup keamanan. Dorongan kami membantu Anda. Ketika kami tidur, kami memimpikan inovasi. Ketika kami bangun, kami merintis solusi – dan mengirimkannya kepada Anda. Kami tidak pernah berhenti, karena mereka tidak pernah berhenti. Selama lebih dari 20 tahun, kami “Kami telah membuat alat yang melindungi dan memberdayakan pengguna – dari merek terbesar hingga situs terkecil – untuk terhubung, menemukan, menjadi makmur. Jadi, mulailah jejak Anda dan raih hari esok Anda dengan Sectigo.”

Namun bagaimana dengan dampak yang akan terjadi karena perubahan nama dari Comodo menjadi Setigo tersebut?

Apakah SSL Certificate Comodo CA sebelumnya masih berfungsi?

Jika kalian pengguna SSL Certificate Comodo yang saat ini masih aktif, anda bisa tenang dan tidak perlu khawatir soal adanya perubahan nama/branding dari Comodo tersebut. Pasalnya pihak Comodo/Sectigo memastikan bahwa SSL Certificate sebelumnya (COMODO) yang sudah digunakan akan tetap aktif dan trusted di berbagai browser. Artinya perubahan branding tersebut tidak membawa dampak negatif bagi pengguna yang sudah menginstall/menggunakan SSL Certificate milik Comodo sebelumnya. SSL Certificate Comodo yang digunakan akan tetap aktif dan bisa digunakan hingga periode SSL tersebut berakhir.

Bagaimana dengan Perpanjangan SSL Certificate nanti?

Jika masa aktif SSL Certificate Comodo sudah berakhir, anda dapat memperpanjang kembali SSL Certificate tersebut. Hanya saja terdapat perubahan nama/branding pada SSL Certificate tersebut dari Comodo menjadi Sectigo. Terkait dengan tingkat keamanan dan enkripsi pada SSL Certificate tersebut tidak ada perubahan dari Comodo, artinya masih menggunakan keamanan yang sama dengan Comodo. Namun kamu perlu memperhatikan file CA untuk instalasi SSL tersebut, karena harus menggunakan file CA Bundle dari Sectigo (bukan Comodo lagi).

Bagaimana dengan Biaya yang ditawarkan Sectigo?

Biaya yang ditawarkan oleh Sectigo saat ini masih sama dengan Comodo, artinya tidak ada perubahan dalam hal biaya/harga yang ditawarkan. Artinya anda tidak perlu khawatir merogoh kocek lebih dalam karena perubahan branding Comodo menjadi Sectigo ini.

Namun kami tidak dapat memastikan untuk kedepannya akan menggunakan harga yang sama, mungkin bisa saja pihak Sectigo memiliki keputusan lain terkait biaya tersebut. Namun pastinya jika ada kenaikan biaya maka tidak akan dilakukan secara signifikaan, agar customer tidak beralih ke provider SSL Certificate lain.

Bagaimana tanggapan kalian mengenai branding SSL Certificate yang dilakukan Comodo menjadi Sectigo tersebut? Sebenarnya sangat disayangkan dan bisa membuat customer awam beralih ke produk lainnya karena tidak mengetahui lebih lanjut soal perubahan branding dan khawatir akan dampak yang dialami. Namun perlu diapresiasi usaha Sectigo dalam melakukan rebranding produknya yang memiliki banyak resiko tersebut.

Apakah kalian sudah menerapkan SSL Certificate pada Website, aplikasi, Email Server atau blog kalian? Atau jangan-jangan kalian bingung dengan proses instalasinya? Tenang, kami menyediakan Sectigo SSL Certificate dengan berbagai tipe yang include dengan support instalasi/deployment-nya https://www.excellent.co.id/ssl/ . Jika diantara dari kalian tertarik dapat mengunjungi tautan tersebut, atau menghubungi kami melalui email ke sales@excellent.co.id.

Kami dengan senang hati akan membantu anda dalam melakukan pembelian serta pemasangan SSL Certificate pada website, aplikasi, email server atau blog pribadi kalian 😉

Fajar Mukharom

Sales Marketing PT Excellent Infotama Kreasindo. Pengguna Mac OS, Android dan pecinta gadget. Aktif menulis di blog pribadi: https://mukharom.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Menu