Menu

Solved : Zimbra Ubuntu, Access denied for user ‘zimbra’@’localhost’

Solved : Zimbra Ubuntu, Access denied for user ‘zimbra’@’localhost’

Beberapa waktu yang lalu saya melakukan akses remote ke salah satu server klien untuk melakukan instalasi Zimbra Mail Server berbasis  EZVA (Excellent Zimbra Virtual Appliance). Kebetulan klien sebuah perusahaan farmasi di Jakarta meminta agar instalasi sistem diinstall diatas sistem Ubuntu. Untuk keperluan ini, saya memilih Zimbra 7.2.1 yang diinstall diatas Ubuntu 10.04.4 64 bit menggunakan Virtualization Technology berbasis Proxmox.

Proses instalasi berjalan normal namun saat sudah restart service, webmailnya tidak bisa diakses. Semua service yang dicheck menggunakan perintah :

su - zimbra
zmcontrol status

tidak menampilkan pesan error, semua running. Setelah melakukan pengecekan pada file log /opt/zimbra/log/mailbox.log, saya menemukan pesan kesalahan sebagai berikut :

java.sql.SQLException: Access denied for user ‘zimbra’@’localhost’ (using password: YES)

Hal yang sama pernah saya dapatkan waktu install Zimbra diatas CentOS. In case ada yang bertemu masalah yang sama, solusinya adalah menjalankan perintah berikut via hak akses Zimbra :

/opt/zimbra/libexec/zmmyinit


Masalah ini terjadi karena Zimbra tidak menjalankan script/perintah diatas saat proses instalasi sehingga default database di MySQL tidak terbentuk. Setelah melakukan investigasi selanjutnya, eksekusi perintah diatas tergantung pada ada tidaknya service SELinux atau AppArmor yang sedang berjalan. Kemungkinan besar saat proses instalasi dijalankan, masih ada service SELinux atau AppArmor yang masih aktif dan menghalangi berjalannya perintah init database diatas.

Masim Vavai Sugianto

4 Comments

  • ahmed says:

    Mas Masim,kalau saya boleh usul minta dituliskan artikel/Tutorial tentang SElinux dan Firewall di linux,saya sebagai pengguna linux awam ingin mengetahui tentang Selinux.jika bersedia bisa menuliskannya mas,biar berguna bagi yg lain juga M
    Nuhun

  • Masim Vavai Sugianto says:

    Usulannya akan dipertimbangkan mas, but, asal tahu saja, saya biasanya menonaktifkan keduanya kalau instalasi sistem, hehehe…

    Mudah-mudahan bisa menuliskannya karena dulu saya pernah juga konfigurasi AppArmor di SLES cuma belakangan lebih sering menonaktifkannya karena suka lupa saat troubleshooting.

  • imam hudori says:

    mas, kalau di tempat saya, service-nya jalan semua, send-receive juga bisa, tapi di zimbra administration-nya statusnya “not running” semua, dan masalahnya itu pas install zimbra, pas di tahap “Notify Zimbra of your installation? [Yes]” terus layar blank..,

    untuk Notify itu bisa gak mas, diinstalin lagi tanpa instal ulang zimbra?

  • ridwan says:

    Dear All,

    Saya mengalami kasus yang sama, status di zimbraAdmin semua flagnya down service, tetapi di server service zmcontrol status semua running.

    setelah di jalankan perintah : /opt/zimbra/libexec/zmmyinit

    keluar :

    [zimbra@mail ridwan]$ /opt/zimbra/libexec/zmmyinit
    * Creating required directories
    * Generating mysql config /opt/zimbra/conf/my.cnf
    * Creating database in /opt/zimbra/db/data
    * Starting mysql server
    * Failed to connect to mysql…retrying
    * Failed to connect to mysql…retrying
    * Failed to connect to mysql…retrying
    * Failed to connect to mysql…retrying
    * Failed to connect to mysql…retrying

    mohon petunjuknya ?

    thanks,

    ridwan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu