Menu

Training Administrator Linux Server, 15-16 Mei 2010

Training Administrator Linux Server, 15-16 Mei 2010

Training Administrator  Linux server ditujukan bagi rekan-rekan yang ingin memahami mekanisme administrasi, setup dan penggunaan Server Linux di perusahaan/instansi/lembaga, terutama bagi para administrator sistem yang hendak atau sedang melakukan proses migrasi sistem dari Windows ke Linux. Training ini membahas penggunaan Linux server sejak instalasi dasar hingga setup dan konfigurasi tingkat lanjut.

Training ini bermanfaat bagi perusahaan, lembaga atau instansi yang hendak melakukan proses migrasi sistem dari Windows ke Linux atau dari sistem berbasis aplikasi bajakan ke software open source. Training disimulasikan akan diikuti oleh user yang belum pernah mencoba Linux atau pernah menggunakan Linux namun hanya sekedar pengguna biasa.

Berikut adalah detail dari training Migrasi Server Windows-Linux :

Q : Kapan & Dimana ?

A : Hari Sabtu & Minggu 15-16 Mei 2010, Warnet Vavai.com, Perumahan Duren Jaya Jl. Candi Mendut Raya Blok C No. 328 Bekasi. Telp : 0838 924 78780 (AXIS).

Q : Berapa maksimal jumlah peserta ?

A : Maksimal 10 peserta

Q : Bagaimana Pembagian Waktu & Pelaksanaan Training

A : Training dilaksanakan dalam 2 hari

Hari pertama Tahap 1 mulai pukul 09.00 WIB s/d 12.00 WIB. Tahap 1 membahas materi instalasi dasar server Linux, konfigurasi RAID, konfigurasi network, manajemen user, group, setting DNS & DHCP Server.

Pukul 12.00 WIB istirahat makan siang dan shalat selama 1 jam s/d pukul 13.00 WIB.

Hari Pertama Tahap 2 mulai pukul 13.00 WIB s/d pukul 16.00 WIB membahas mengenai Samba Primary Domain Controller+OpenLDAP untuk Domain Logons & File Server

Hari Kedua Tahap 1 mulai pukul 09.00 WIB s/d 12.00 WIB dengan topik bahasan Email Server, FTP Server, Proxy Server, Backup data dengan rsync server dan fsdump

Pukul 12.00 WIB istirahat makan siang dan shalat selama 1 jam s/d pukul 13.00 WIB.

Hari Kedua Tahap 2 membahas materi Apache Web Server, Virtual Host dengan Apache, Print Server dengan CUPS dan Database Server dengan MySQL Server.

server-linux

Q : Bagaimana cara melakukan pendaftaran ?

A : Silakan mengirimkan email pendaftaran ke alamat email training@vavai.com dan di cc ke vavai@vavai.com berisi Nama, alamat, no telp yang bisa dihubungi, jumlah peserta yang akan mengikuti training dan hari training yang akan diikuti (Hari pertama, Hari kedua atau training lengkap 2 hari)

Pendaftaran ditutup paling lambat tanggal 13 Mei 2010 atau jika kuota peserta sudah terpenuhi.

Q : Berapa biaya untuk mengikuti training ini ?

A : Biaya training sebesar Rp. 500.000,- per hari atau Rp. 1.000.000,- untuk 2 hari, sudah termasuk : Sertifikat, Buku modul panduan, DVD openSUSE 11.2, DVD openSUSE 11.2 full multimedia, CD Zimbra Appliance untuk Mail Server, snack dan makan siang.

Diperbolehkan untuk mendaftar salah satu hari atau keduanya. Jangan lupa untuk mencantumkan hari yang diambil pada saat melakukan pendaftaran.

Biaya ditransfer ke salah satu rekening sebagai berikut :

  • BCA KCP Jababeka Cikarang – Bekasi Ac No : 876 019 6755 atas nama Masim Sugianto
  • Jika anda Pengguna Group Bank ATM Bersama (Mandiri, BNI, Bukopin, BII dll) Silakan menggunakan Rekening Bank Muamalat, A/C No : 305 218 2022 atas nama Masim Sugianto.
  • Jika anda pengguna Bank Niaga atau Bank Lippo, silakan menggunakan nomor rekening Bank Niaga : 9080103275145 kantor cabang Kelapa Gading atas nama Masim Sugianto.

Mohon melalukan konfirmasi via SMS, Telp atau email jika sudah melakukan proses pembayaran.

Q : Bolehkah membawa laptop/komputer sendiri

A : Komputer sudah disediakan oleh kami namun jika ingin membawa komputer sendiri tak ada masalah, sebaiknya menggunakan komputer/Laptop Pentium 4 dengan memori minimal 512 MB dan memiliki akses jaringan.

Q : Apakah boleh membawa komputer server kantor agar bisa langsung disetup ?

A : Boleh-boleh saja. Training ini ditujukan agar admin server dapat melakukan fungsinya dengan baik sehingga simulasi dengan keadaan real akan sangat membantu.

Q : Saya dari luar kota, apakah bisa dibantu untuk akomodasi ?

A : Ya, silakan sampaikan via email jika anda berasal dari luar kota dan ingin dibantu akomodasinya. Ada beberapa hotel bagus dengan biaya relatif murah dan dekat dengan tempat training. Jika menginginkan akomodasi dalam bentuk lain (penginapan/rumah tinggal) silakan disampaikan melalui email.

Q : Apakah ada jaminan pasti bisa ?

A : Ya, dalam situasi normal pasti bisa. Training dilakukan dalam kondisi mendasar dan diasumsikan setiap peserta belum pernah menggunakan Linux. Selain itu, kami tetap memberikan support pasca training.

Q : Distro apa yang digunakan

A : Distro yang akan digunakan adalah distro Linux openSUSE versi terkini (11.2), dengan simulasi tambahan pada distro SUSE Linux Enterprise Server (SLES)

Q : Apa saja paket panduan yang didapatkan dari training ini

A : Berikut adalah paket yang anda dapatkan :

  1. Sertifikat training + Invoice (khususnya untuk peserta training yang dikirim oleh perusahaan/tempat kerja)
  2. Distro Linux openSUSE 11.2 yang digunakan sebagai media training
  3. CD Zimbra Appliance untuk membangun Mail Server secara mudah
  4. Panduan Migrasi Server dari Windows ke Linux yang mencakup keseluruhan materi
  5. Snack & Makan siang

Informasi lebih lanjut ? Silakan sampaikan melalui halaman komentar atau melalui alamat email training@vavai.com.

Masim Vavai Sugianto

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Menu