Menu

Kurikulum dan Skema Training di Excellent

Kurikulum dan Skema Training di Excellent

Ada beberapa email yang masuk ke Excellent yang bertanya, “Jika ingin ikut training di Excellent, dari sekian banyak training yang disediakan, semestinya mulai ikut training yang mana?”

Sebagai gambaran berikut adalah training-training yang saat ini disediakan di Excellent :

  1. Training Linux Server Fundamental & Advanced Server
  2. Modul Zimbra Fundamental & Medium
  3. Modul All About  File Server & PDC
  4. Modul Proxy Server & Bandwidth Management
  5. Modul VMWare vSphere Fundamental & Medium
  6. Modul Mastering Proxmox
  7. Modul Virtualization, HA & Fail Over Server
  8. Modul Mastering Zimbra Mail Server

Secara urutan, training di Excellent bisa dimulai dari Linux Server Fundamental & Advanced Server. Ini adalah training mendasar, cocok bagi para pemula dalam sistem operasi Linux maupun bagi para Administrator sistem Windows yang hendak menggunakan sistem Linux. Training ini mengajarkan tata cara instalasi sistem, instalasi aplikasi, aplikasi dasar, permission dan perintah-perintah dasar di Linux. Hari kedua training akan membahas materi mengenai service-service Linux server seperti file server, DNS Server, DHCP server, Proxy Server, Database Server, Print Server dll.

Untuk pendalaman materi mengenai file server, selanjutnya bisa mengikuti training All About  File Server & PDC. Training ini akan membahas materi file server dan PDC (Primary Domain Controller) secara lebih mendetail, termasuk skema share folder, hak akses share folder, join domain dan konfigurasi klien.

Selain PDC dan file server, peserta juga bisa juga mengikuti materi training pendalaman dalam hal “Proxy Server & Bandwidth Management” yang membahas mengenai share koneksi internet menggunakan proxy server sekaligus melakukan konfigurasi rule dan aturan agar bisa menata bandiwdth internet untuk user sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Bagi para SysAdmin yang menangani mail server, tersedia materi training “Zimbra Mail Server Fundamental dan Medium”. Training Zimbra Mail Server dilakukan secara lengkap dalam 2 tahap, yaitu Zimbra Mail Server Tingkat Dasar untuk hari pertama dan Zimbra Mail Server Administrasi Tingkat Lanjut/Medium pada hari kedua. Pembagian tahapan ini akan membuat pemahaman instalasi dan konfigurasi Zimbra Mail Server mudah dipahami dan diikuti, meski oleh Admin yang belum pernah menggunakan Linux.

Materi dan praktek training disusun dari awal sekali dalam bentuk instalasi sistem operasi Linux secara mendasar berikut tips-tips yang diperlukan agar server yang dibangun mudah dikelola dan handal dalam menangani kebutuhan sistem perusahaan.

Kelanjutan dari training ini adalah training “Training Mastering Zimbra Advanced Configuration, Multi Server & HA”. Training Mastering Zimbra (Advanced Configuration, Multi Server, High Availability) merupakan training advanced yang ditujukan bagi para System Administrator Zimbra Mail Server yang ingin mengembangkan pengetahuan mengenai proses deployment Zimbra Mail Server dalam skala besar, menggunakan teknologi cluster, live migration & high availability.

Training lain yang bisa diikuti setelah mengikuti training Linux Fundamental & Advanced Server adalah training mengenai Virtualization, Cluster, Fail Over & Linux High Availability Server. Training Virtualisasi, Clustering, Fail Over & Linux High Availability Server ini diadakan dalam 2 hari. Hari pertama membahas mengenai implementasi teknologi virtualisasi sedangkan hari kedua membahas mengenai implementasi Cluster, Fail Over & Linux HA. Training ini cocok bagi ISP/perusahaan /lembaga/instansi yang ingin menerapkan teknologi virtualisasi, clustering & high availability server dilingkungannya.

Teknologi Virtualisasi merupakan dasar dari implementasi Cloud Computing dan sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam mengurangi biaya investasi hardware dan melakukan standarisasi asset. Detail lengkap keuntungan teknologi virtualisasi dapat dibaca disini : Keuntungan Teknologi Virtualisasi & Cloud Computing

Teknologi Cluster, Fail Over & High Availability Server sangat bermanfaat bagi perusahaan/lembaga yang ingin agar sistemnya berjalan dengan lancar dan andaikan terjadi masalah pada salah satu server, server lain dapat secara langsung menggantikannya dalam waktu beberapa detik/menit tanpa intervensi seorang Administrator, dengan data yang sudah direplikasi secara otomatis (latest update).

Untuk spesialisasi dan pendalaman materi, training Virtualization bisa dilanjut ke materi “Training VMWare vSphere Fundamental & Medium” yang membahas materi Virtualization berbasis VMWare. Training VMWare vSphere Fundamental & Medium cocok bagi rekan-rekan yang baru hendak mempelajari VMWare vSphere atau rekan-rekan yang pernah memakai produk VMWare lain (VMWare Workstation, VMWare Server) atau produk virtualization lain (Xen, KVM, OpenVZ, Proxmox, Microsoft Hyper-V dan lain-lain). Training ini juga cocok bagi perusahaan/instansi yang berniat mengkonsolidasikan server dan data centernya menggunakan Virtualization Technology serta berniat melakukan deployment cloud computing.

Selain VMWare, peserta juga bisa melakukan pendalaman untuk materi virtualization yang khusus membahas Open Source Virtualization “Proxmox VE”. Training “Mastering Proxmox VE” khusus membahas mengenai Proxmox. Proxmox sendiri merupakan distro special untuk virtualisasi, dibangun dari basis distro Debian minimal dan berjalan dalam modus teks. Meski berbasis teks, proses manajemen Proxmox Virtual Environment mudah dilakukan melalui akses web, termasuk melakukan instalasi sistem dengan menggunakan teknologi VNC. Proxmox VE merupakan salah satu alternatif bagus jika ingin mengimplementasikan Virtualization Technology yang powerful diluar VMWare vSphere.

Bagaimana jika ingin mengikuti training namun tidak mengikuti pola diatas? Tentu saja tidak ada masalah. Jalur yang saya sampaikan diatas adalah materi yang bisa diikuti secara berurutan. Bisa saja di bypass jika sudah menguasai materi tertentu atau lebih tertarik melakukan pendalaman untuk materi tertentu.

Jika ingin mengikuti salah satu materi training diatas, silakan melihat jadwal training kami.

Masim Vavai Sugianto

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Menu