Menu

Tindak Lanjut Yayasan

Tindak Lanjut Yayasan

Sesuai dengan tulisan sebelumnya : https://www.vavai.com/yayasan/ saat ini proses pembuatan yayasan memasuki tahap finalisasi administrasi.

Sebelum lebaran, semua persyaratan berkas administrasi pembuatan yayasan sudah lengkap, namun karena waktunya tanggung mau libur, prosesnya baru dilanjut setelah lebaran.

Setelah lebaran, semua berkas administrasi dikirim ke pihak notaris. Saya juga meminta Alifa Tri Febrianti yang menjadi semi sekretaris di Excellent untuk mempersiapkan segalanya.

Beberapa nama dikirim ke pihak notaris dan akhirnya terpilih nama Ultima Insani Madania. Ada pilihan nama seperti Gema Insani Madania, Nur Insani Madania, Excellent Insani Madania dan Excellent Ultima Madania. Ada juga pilihan nama lain yang simple seperti Excellent foundation atau Yayasan Ikhlas, Yayasan Membangun Negeri atau nama lainnya, namun akhirnya yang terpilih adalah nama Ultima Insani Madania. Kalau pakai nama “Membangun Negeri” takut keberatan nama, hehehe…

Pemesanan Nama Yayasan di Dirjen AHU

Nama yang terpilih ini sebenarnya bukan pilihan pertama tapi Alifa mengirimnya sebagai urutan pertama pilihan nama. Karena sudah diproses, saya mengikutinya saja, karena dari sisi nama sudah baik dan siapa tahu menjadi awal keberkahan yayasan.

Ultima diambil dari kata Ultimate. Yang paling. Yang utama. Mirip-mirip dengan nama Excellent ðŸ˜€

Insani berasal dari kata Insan. Manusia. Karena tujuan Yayasan adalah pengembangan sumber daya manusia, terutama dari sisi pendidikan dan kesehatan.

Madania berasal dari kata madani. Artinya society. Masyarakat. Setelah manusianya terbentuk sebagai instan yang mulia, tujuan berikutnya adalah terciptanya masyarakat yang mulia sehingga mencapai tujuan utama, yang ultimate, yaitu menjadi berkah dan kebaikan di dunia dan akhirat.

Hari Senin besok rencananya penandatanganan akta yayasan, nanti disusul dengan pembuatan rekening atas nama yayasan, berkas pendukung lainnya dan kemudian menjalankan agenda pertama yayasan, yaitu memberikan penghargaan bagi siswa berprestasi di lingkungan sekitar.

Prestasi atau ranking memang bukan satu-satunya bekal untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan, namun kami juga tetap menghargainya untuk memacu semangat agar bisa berprestasi di berbagai bidang. Karena yayasan sudah terbentuk, nantinya pengembangan taman bacaan, pengajian dan hal lainnya bisa lebih terarah dan terencana.

Untuk saat ini markas utama yayasan berada di alamat adik saya yang menjadi tempat taman bacaan dan pengajian, namun sudah ada diskusi untuk nantinya mungkin menempati lahan tertentu yang diwakafkan.

Sesuai kebiasaan di Excellent, untuk hal-hal yang sifatnya kebaikan kami mengutamakan mekanisme release early release often, yaitu apa yang bisa dilakukan sekarang, dieksekusi sekarang. Perencanaan secara jangka panjang disiapkan namun juga tidak perlu menunggu segala-galanya lengkap, karena ada banyak hal yang bisa secara paralel dilakukan.

Semoga apa yang direncanakan bisa berjalan dengan lancar sesuai harapan.

Masim Vavai Sugianto

Menu