Menu

Pencapaian Mini Target : Menulis Setiap Hari Bulan Januari 2019

Pencapaian Mini Target : Menulis Setiap Hari Bulan Januari 2019

Hari ini Kamis, 31 Januari 2019. Setelah berusaha mendisiplinkan diri menulis (dan membaca) setiap hari, akhirnya hari ini saya bisa mencapai target tahap pertama, yaitu menulis setiap hari selama 1 bulan. Proyeknya pernah saya tuliskan disini :

  1. Rutinitas Menulis Blog dan Pola Poteksi Keberlangsungan Bisnis
  2. Membiasakan Diri

Bukan perkara mudah untuk menulis setiap hari, karena saya pernah gagal di tahun 2018. Saya juga tidak mau sekedar menulis yang tidak penting, yang saya sendiri malas untuk membacanya. Saya hanya ingin menulis hal-hal yang saya pandang bermanfaat, baik bagi diri saya pribadi maupun bagi orang lain yang membacanya.

Diawal dan pertengahan bulan, saya bisa menabung beberapa draft tulisan, yang kemudian dipublikasikan secara bertahap sesuai dengan tanggal rilis yang ditetapkan. Mendekati akhir bulan, jumlah tabungan tulisannya menipis, karena saya juga tidak ingin memaksakan diri menulis saat tidak ada inspirasi atau ide tulisan sama sekali.

Pola ini sudah saya duga sebelumnya, sehingga saya bisa mengantisipasinya sejak dini. Kalaupun saya belum bisa menulis secara detail, saya membuat draft judul dan awal tulisan, agar ide yang masih samar tidak terlupakan. Saya juga tidak membatasi diri pada topik tertentu, itu sebabnya tulisan di bulan Januari ini bervariasi, mulai dari materi Personal Finance, Keseharian pekerjaan di Excellent, Tutorial IT hingga hobby dan buku yang saya baca.

Jurnal Perjalanan Hidup. Sumber Gambar : Pixabay

Saya menulis blog tanpa pretensi orang lain akan membaca, jadi soal pengunjung blog sedikit atau banyak tidak berpengaruh pada mood saya dalam menulis. Saya mengacu pada diri saya sendiri, yang kerapkali membaca tulisan diberbagai macam blog secara silent, tidak memberikan komentar maupun berinteraksi jika memang tidak ada yang hendak saya sampaikan. Kalaupun ada yang membaca, itu saya anggap sebagai bonus tambahan semangat.

Rencananya target menulis setiap hari ini saya teruskan sampai seterusnya kedepan. Prosesnya saya review setiap bulan sehingga saya bisa belajar dari kemungkinan hambatan yang terjadi dan bisa mencegah dan memperbaikinya dimasa mendatang.

Pada tulisan-tulisan mendatang, kemungkinan saya akan banyak menulis mengenai topik Personal Finance dan Financial Independence, karena hal tersebut yang saat ini sedang saya jalani. Karena blog ini saya jadikan sebagai jurnal perjalanan hidup, jadi lebih mudah mencatat pengalaman yang saya alami dalam upaya saya mencapai Financial Independence dan Retirement Early.

Masim Vavai Sugianto

Menu