Menu

Workshop “Virtualization Technology” di Hotel Permata, Bogor

Workshop “Virtualization Technology” di Hotel Permata, Bogor

Hari Jum’at, 22 Juni 2012 akhir pekan kemarin, saya menerima undangan dari salah satu instansi pemerintah untuk menjadi narasumber pelatihan para staff dan SysAdmin. Pelatihan yang diadakan di hotel Permata jalan Pajajaran Bogor ini membahas beberapa materi, salah satunya mengenai Virtualization Technology.

Berdasarkan informasi dari panitia yang mengatakan bahwa background para peserta terdiri dari berbagai bidang kerja dan relatif belum pernah melakukan implementasi Virtualization Technology di unit kerja masing-masing, saya membahas materi mengenai Virtualization dari awal, yaitu dari konsep Virtualization itu sendiri.

Presentasi saya awali dengan memutar video berisi insight, bahwa siapapun bisa melakukan apa yang diinginkan sepanjang mau berusaha. Video ini sengaja saya putar diawal dengan 2 tujuan :

  1. Untuk menghilangkan rasa kantuk peserta 🙂
  2. Memudahkan pemahaman dan pencapaian pesan moral yang diinginkan

Setelah pemutaran video, paparan saya lanjutkan dengan deskripsi mengenai Virtualization, sejarah, keuntungan dan kerugian serta bias cara pandang terhadap virtualization akibat pemahaman yang salah. Misalnya soal asumsi jika menggunakan Virtual Server, performance-nya akan drop. Jika terjadi masalah akan sulit direcover. Belum lagi karena service server disatukan didalam 1 mesin, dianggap rentan terhadap timbulnya masalah.

Kebetulan sekali, saya juga menulis artikel mengenai Virtualization untuk dimuat di koran Seputar Indonesia (Sindo) yang terbit pada hari Sabtu, 23 Juni 2012. Isi dari artikel tersebut saya jadikan sebagai materi pembahasan mengenai virtualization technology.

Untuk simulasi, saya membahas mengenai implementasi desktop virtualization, perbedaan bare-metal OS dan hosted virtualization serta keuntungan dan kerugian dari masing-masing pendekatan teknologi tersebut. Saya juga menjelaskan mengenai perbedaan masing-masing produk virtualization, baik yang bersifat open source maupun proprietary.

Sebagai materi terakhir, saya memberikan contoh nyata penggunaan Virtualization, dengan cara meremote salah satu server Excellent yang ada di gedung Cyber sekaligus melakukan instalasi dan manajemen sistem. Simulasi nyata ini saya sampaikan untuk menunjukkan bahwa penggunaan virtualization technology memberikan manfaat besar bagi SysAdmin yang mengelolanya.

Acara pelatihan berakhir pukul 17.30 WIB dan saya ciao kembali ke markas Excellent di Bekasi. Semoga bermanfaat bagi para peserta yang mengikutinya.

Masim Vavai Sugianto

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Menu