Menu

Implementasi Zimbra Mail Server pada Perusahaan Farmasi di Jakarta Selatan

Implementasi Zimbra Mail Server pada Perusahaan Farmasi di Jakarta Selatan

Hari Sabtu akhir pekan yang lalu team Excellent memberikan konsultasi & implementasi sistem Zimbra mail server pada sebuah perusahaan farmasi dikawasan Blok M, Jakarta Selatan. Konsultasi diiringi dengan proses implementasi ini merupakan kesepakatan dengan pihak klien yang menginginkan agar staff IT mereka memiliki pemahaman mengenai sistem mail server yang akan diimplementasikan.

Proses implementasi sistem juga merupakan proyek migrasi mail server dari sistem MDaemon yang berjalan pada Windows Server menjadi sistem Zimbra Mail Server yang berjalan pada openSUSE/SUSE Linux Enterprise Server.

Beberapa hari sebelum pelaksanaan, Excellent sudah mengirimkan requirement yang diperlukan agar proses implementasi berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal. Requirement mencakup spesifikasi hardware yang diperlukan, data-data account, aturan (rule) dan setup standard untuk masing-masing account, termasuk kuota dan preferences per user.

Proses instalasi berjalan lancar pada Server Super Micro menggunakan sistem openSUSE 11.2 64 bit. Harddisk diset secara RAID hardware (tersedia juga opsi RAID software dari Excellent). Zimbra mail server versi 6.0.7 diinstall di dalam SLES 11 64 bit sebagai Xen Hypervisor Guest untuk kemudahan backup dan maintenance.

Proses instalasi berjalan dengan lancar meski ada sedikit penyesuaian konfigurasi server. Import data account, pembuatan distribution list dan lain sebagainya juga berjalan lancar.

Proses yang cukup menyita waktu adalah pembuatan aturan-aturan berikut testing mail server. Sempat ditemukan delay waktu pengiriman pada beberapa klien, ternyata masalahnya adalah setting DNS server pada klien yang tidak tepat. Setelah masalah ini diselesaikan, konfigurasi berjalan lancar dan pengiriman email hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Selain implementasi, team Excellent juga memberikan beberapa advis seputar implementasi sistem dan tips-trick bagaimana melakukan management dan maintenance sistem.

Semoga implementasi ini berjalan lancar dan memberikan benefit maksimal bagi pihak klien.

Masim Vavai Sugianto

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Menu