Menu

Instalasi & Konfigurasi Samba 4 Sebagai Active Directory Server-Bagian 1-Instalasi & Kompilasi

Instalasi & Konfigurasi Samba 4 Sebagai Active Directory Server-Bagian 1-Instalasi & Kompilasi

Artikel kali ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya : Excellent Samba 4 Appliance. Tulisan ini merupakan seri tulisan yang akan dibuat oleh team Excellent dengan target membuat sebuah File Server, Domain Controller dan Active Directory Server berbasis Linux Server. Tulisan ini akan menggunakan distro SUSE Linux Enterprise Server 11 SP2 yang dikemas dalam bentuk appliance. Kami sudah melakukan ujicoba setting menggunakan CentOS dan berhasil melakukannya dengan sedikit modifikasi script dan prosedur.

Salah satu keunggulan utama dari Samba 4 adalah kemampuannya menyediakan feature Active Directory. Dengan feature ini, Samba 4 bisa secara penuh menggantikan Windows Server karena Samba 4 bisa menerapkan policy berbasis GPO (Group Policy Object) dengan feature sama persis seperti yang disediakan oleh Windows Server.

Hal ini berarti 2 hal yaitu :

  1. Linux Server bisa menggantikan Windows Server sepenuhnya untuk urusan Active Directory, Domain Logon, Domain Controller, File Server dan DNS Server. Artinya, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lisensi untuk mendapatkan semua feature ini
  2. System Administrator yang terbiasa menggunakan Windows Server tidak perlu pusing memikirkan cara melakukan manajemen Active Directory berbasis Linux Server Samba 4. Mengapa? Karena tampilan dan prosedur manajemennya sama persis seperti yang bisa digunakan di sistem Windows, misalnya untuk menambahkan user, sama-sama menggunakan menu “Active Directory User & Computer”

Tertarik untuk mempergunakannya? Mari kita mulai dengan langkah pertama, yaitu setup dan konfigurasi Samba 4 dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

    1. Siapkan sistem Excellent Samba 4 Appliance dengan mengikuti prosedur berikut : Excellent Samba 4 Appliance
    2. Setting network untuk appliance dengan menjalankan perintah : yast lan melalui konsole. Dalam case ini saya menggunakan konfigurasi sebagai berikut :
      IP : 192.168.1.208
      Hostname : samba4
      Domain : excellent.co.id
      DNS 1 : 192.168.1.208
      DNS 2 : 8.8.8.8
      
    3. Download Samba 4 Source via : http://ftp.samba.org/pub/samba/samba4/. Saya menggunakan Samba 4 RC yang pada saat tulisan ini dibuat belum ada pada link tersebut namun sudah bisa didownload dari link : https://download.samba.org/pub/samba/rc/samba-4.0.0rc1.tar.gz. Saya menyimpan file tersebut di folder /srv/v
      mkdir /srv/v
      cd /srv/v/
      wget -c https://download.samba.org/pub/samba/rc/samba-4.0.0rc1.tar.gz
      
    4. Jalankan perintah untuk melakukan kompilasi sistem dengan perintah sebagai berikut :
      cd /srv/v/
      tar -zxvf samba-4.0.0rc1.tar.gz
      cd samba-4.0.0rc1/
      ./configure.developer
      make
      make install
      


      `

Proses kompilasi berjalan selama beberapa lama, kurang lebih sekitar 5 menit. Setelah selesai, Samba sudah terinstall di folder /usr/local/samba dan proses konfigurasi bisa dilanjutkan dengan artikel berikutnya : Instalasi & Konfigurasi Samba 4 Sebagai Active Directory Server-Bagian 2-Konfigurasi DNS Server

Masim Vavai Sugianto

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Menu