Menu

Fitur Forgot Password Zimbra

Fitur Forgot Password Zimbra

Halo teman-teman, hari ini kita akan membahas salah satu fitur Zimbra yaitu Forgot Password.

Mulai Zimbra versi 8.8.9 sudah terdapat fitur forgot password. Fitur ini sangat berguna jika ada salah satu user yang lupa password akun Zimbra nya. User tidak perlu repot-repot meminta reset password kepada administrator email agar dapat menggunakan emailnya kembali. Dari sisi administrator email juga dimudahkan, karena menghilangkan salah satu beban pekerjaannya.

Fitur Forgot Password Zimbra ini sangatlah penting, karena fitur yang sangat diharapkan ada pada versi-versi sebelumnya.

Untuk versi Zimbra yang sebelumnya, apabila ada salah satu user yang lupa password akun Zimbra, mereka tidak bisa langsung mereset password mereka, melainkan harus menghubungi administrator email untuk memintakan di reset password nya. Itu jika 1 user saja, gimana kalau banyak? tidak kebayang kan administrator email harus reset password email satu persatu.

Mengaktifkan Fitur Forgot Password Di Zimbra Versi 8.8.9 Dan Versi Atasnya

Defaultnya fitur ini statusnya belum aktif sehingga kita harus mengaktifkannya secara manual di level COS atau di level User.

Untuk mengaktifkan di level COS silahkan jalankan perintah dibawah ini sebagai user Zimbra:

zmprov mc nama-cos zimbraFeatureResetPasswordStatus enabled

Untuk mengaktifkan di level USER silahkan jalankan perintah dibawah ini sebagai user Zimbra

zmprov ma nama-user zimbraFeatureResetPasswordStatus enabled

Jika sudah diaktifkan, sekarang kita coba login dengan akun yang sudah diaktifkan atau akun yang termasuk ke dalam Class of Service.

Masuk ke menu Preferences | Account, nanti akan muncul form baru, “Password Recovery Account Setting” kemudian isikan Email cadangan yang akan digunakan untuk menerima email password Recovery dari email Zimbra ini. Kita dapat gunakan email Gmail maupun layanan email yang lainnya. Jika sudah klik “Add Recovery Email

 

Dibawah ini contoh email yang akan diterima oleh akun recovery email Zimbra kamu.

Setelah mendapatkan kode verifikasi recovery, masukkan kode tersebut di kolom “Enter Code” dan klik Verify Code”

Jika sudah melakukan verifikasi maka status email tersebut akan berubah menjadi Email Verified.

Sekarang akun email Zimbra kita sudah mempunyai password recovery. Mudah bukan? Fitur ini memang sangat memudahkan kita sebagai user untuk melakukan reset password email akun tersebut.

Layanan Self Service Password (SSP) 

Excellent memiliki layanan untuk Self Service Password berfungsi untuk mempermudah pekerjaan repetitif dalam proses penggantian password.  Dengan SSP user dapat melakukan pengubahan password secara mandiri tanpa tergantung pada pihak helpdesk/admin.

Beberapa Benefit menggunakan layanan Self Service Password diantaranya:

  • Dapat diintegrasikan dengan Zimbra, LDAP dan Active Directory (AD)
  • Tersedia berbagai pilihan metode reset password:
    – Reset by Questions
    – Reset by Alternate Email
    – Reset by SMS
    – Reset by Telegram
    – Reset by WhatsApp
  • User dapat melakukan reset password secara mandiri tanpa perlu bantuan Admin/helpdesk
  • Admin/Helpdesk tidak perlu direpotkan dengan hal-hal repetitif salah satunya reset password user
  • SSP dapat diimplementasikan di cloud Excellent maupun on-premise

Jika kamu berminat untuk melakukan implementasi Self Service Password, email server Zimbra serta pembelian lisensi Zimbra, silakan hubungi team sales kami dialamat sales@excellent.co.id

Benefit Implementasi dan Pembelian Lisensi Zimbra via PT. Excellent Infotama Kreasindo:

  1. Support Level Pertama. Excellent menyediakan support level 1, sehingga jika klien mengalami kendala implementasi, akan menerima layanan support dari team teknis Excellent. Support mencakup remote akses, email, dan telp.
  2. Priority Share Knowledge. Pembelian lisensi melalui Excellent akan menerima benefit berupa prioritas mendapatkan update informasi dan share knowledge yang diberikan khusus untuk klien dan alumni training Excellent
  3. Member Milis. Sebagai bagian dari layanan support, klien akan diberikan opsi menjadi member mailing list invite-only yang disediakan oleh Excellent. Milis ini bisa dipergunakan untuk berdiskusi maupun bertanya mengenai layanan dan produk Excellent lainnya, tidak terbatas hanya pada produk VMWare
  4. Discount Khusus. Excellent menyediakan opsi discount khusus (default 10%) untuk klien ataupun alumni yang hendak mengikuti training atau workshop yang diselenggarakan oleh Excellent

Choirrulloh

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu