Menu

Excellent Farm

Excellent Farm

Excellent Farm awal muasalnya adalah markas Taman Bacaan Excellent. Berasal dari lahan sekitar 100 meter yang dibeli di tahun 2011. Kemudian berkembang secara bertahap dan saya tanami pohon buah.

Excellent Farm Excellent Farm

Saya juga membuat saung untuk tempat anak-anak belajar dan membaca buku. Juga melengkapinya dengan kolam ikan. Agar suasana lebih terasa alami dan adem.

Sekian tahun berlalu, pohon mangga sudah berbuah. Nangka mini juga berbuah. Pohon Jeruk Bali yang bertahun-tahun tidak berbuah juga sudah berbuah. Pohon Sawo, pohon Kesa (Tjampolay) dan pohon Jamblang semuanya sudah berbuah.

Karena teringat suasana dulu masa kecil yang banyak pohon buah, saya terpikir untuk mengumpulkan bibit tanaman. Juga membuat tambahan kolam ikan dengan terpal bulat. Saya membeli berbagai bibit tanaman buah, mulai dari yang umum saya kenal pohonnya seperti pohon Duren, pohon Rambutan, pohon Nangka dan lain-lain hingga pohon yang jarang saya lihat seperti pohon Duku, Manggis, Alpukat dan Jambu Kristal.

Excellent Farm Excellent Farm Excellent Farm

Saya membuat 3 buah kolam bulat yang dibedakan jenis ikannya. Kolam pertama berisi ikan Nila dan Gurame. Kolam kedua berisi ikan Patin dan kolam ketiga berisi ikan Bawal. Ada juga kolam terpal berbentuk kotak yang diisi ikan Patin dan Ikan Lele.

Kadang di akhir pekan saya main ke Excellent Farm untuk melihat-lihat tanaman dan ikan. Memetik kelapa dan minum air kelapa segar. Ngobrol dibawah pohon rambutan sambil kadang memancing ikan. Lumayan untuk hiburan dari kesibukan dan kegiatan sehari-hari.

Masim Vavai Sugianto

Menu