Menu

Apa yang tidak Mematikan Kita, akan Mendewasakan Kita

Apa yang tidak Mematikan Kita, akan Mendewasakan Kita

| Comments Off on Apa yang tidak Mematikan Kita, akan Mendewasakan Kita

Beberapa hari yang lalu, salah satu staff engineer Excellent melakukan kesalahan yang cukup fatal. Ia melakukan modifikasi konfigurasi pada salah satu cluster cloud server yang digunakan oleh banyak klien Excellent.

Tujuannya baik, untuk meningkatkan kualitas dan performa sistem, namun lupa aspek prosedural yang seharusnya dijalani, antara lain :

  1. Untuk perubahan/modifikasi konfgurasi sistem production, harus ada approval terlebih dahulu
  2. Harus ada tahap simulasi/sandbox. Ujicoba terlebih dahulu di server simulasi dan ada stress testing sebelum live
    Harus ada monitoring pasca perubahan sistem. Jadi tidak bisa dan tidak boleh berasumsi segalanya baik-baik saja
  3. Karena mengabaikan aspek diatas, akibatnya timbul gangguan yang tidak perlu ke sisi klien. Mulanya satu dua klien yang menginformasikan adanya gangguan, namun beberapa menit kemudian muncul pesan dari klien lain terkait adanya gangguan sistem. Setelah saya check, ternyata ada perubahan konfigurasi sistem yang featurenya belum diaktifkan. Meski akhirnya bisa diatasi, namun hal ini membuktikan ada prosedur yang harus distandarisasikan di Excellent.

Disisi lain, staff engineer ini jadi merasa bersalah. Mungkin karena melihat pesan-pesan saya di telegram group internal Excellent dan juga kontak saya via telp yang sifatnya urgent dan mendesak, sepertinya jadi terlihat seperti kalap, hehehe.
Terus terang hal yang tidak perlu terjadi ini membuat saya kecewa, namun bukan berarti saya kecewa pada si staff melainkan kecewa karena tidak bisa 100% menjaga kualitas dan reputasi layanan Excellent.

Meski demikian, saya menulis singkat di Telegram group untuk jawaban permintaan maafnya : “Tidak masalah. Apa yang tidak mematikan kita akan mendewasakan kita”.

Caelah, sok puitis banget, hehehe…

Maksudnya adalah, tidak usah meratapi dan menyesali imbas yang sudah terjadi, asalkan kita bisa belajar dan memetik hikmah dari kejadian yang ada. Berbekal kesalahan tersebut, Excellent bisa memperbaiki prosedur dan bisa mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan sejenis dimasa mendatang.

Masim Vavai Sugianto

Menu