Menu

Persiapan Training Active Directory, PDC & File Server Menggunakan Linux Server Berbasis Samba 4

Persiapan Training Active Directory, PDC & File Server Menggunakan Linux Server Berbasis Samba 4

Beberapa waktu yang lalu, team Samba sudah merilis paket Beta untuk Samba 4 setelah bertahun-tahun masih dalam tahap Alpha. Meski secara aplikasi belum ditujukan untuk keperluan production server (belum paket stabil), Samba 4 beta sudah cukup memadai untuk dijadikan media server yang menyediakan layanan Active Directory.

The Samba development team has released the first beta of Samba 4 which, after over six years of development, will introduce the first open source implementation of Microsoft’s Active Directory technology.

Samba 4 provides Active Directory services, via its own LDAP and DNS implementation, that are comparable with the implementation used by Windows 2000 and later. It also includes the Kerberos Key Distribution Center (KDC) alongside the CIFS logon services from Samba 3.

Contoh Group Policy

Contoh Group Policy

Salah satu kelebihan Samba 4 adalah support yang lebih bagus terhadap kemampuan active directory dari Windows Server. Hal ini berarti, kita bisa menggantikan fungsi Active Directory dari Windows 2000, 2003 dan 2008 Server dengan Linux Server yang dilengkapi dengan Samba 4. Samba 4 juga mendukung group policy sebagaimana yang biasa diimplementasikan pada sistem Windows Server. Dengan group policy ini, SysAdmin bisa membatasi hak-hak user yang melakukan join domain melalui workstation masing-masing, misalnya membatasi akses ke Control Panel, Menghilangkan menu tertentu dari start menu dan lain-lain.

Jika pada training sebelumnya Excellent menyediakan waktu 1 hari untuk memahami Samba PDC+Open LDAP untuk Domain Controller dan File Server, pada training berbasis Samba 4 ini rencananya akan butuh waktu 2 hari.

Hari pertama akan membahas proses instalasi Linux Server, File Server (termasuk mekanisme sharing data dan perbedaan hak akses) dan Domain Controller sedangkan hari kedua membahas mengenai implementasi Active Directory berbasis Samba 4. Jika pada hari pertama proses setup menggunakan wizard, setup pada hari kedua akan lebih detail membahas mengenai setup non wizard.

Jika tidak ada halangan, Training Active Directory, PDC & File Server Menggunakan Linux Server Berbasis Samba 4 akan dijalankan di Excellent mulai Special Class Training: All About Active Directory, Domain Controller & File Server Samba 4, 4-5 Juli 2012. Saat ini team support Excellent sedang membuat modul training sekaligus membuat simulasi sistem agar proses training berjalan lancar.

Masim Vavai Sugianto

One Comment

  • dany says:

    pak training Special Class Training: All About Active Directory, Domain Controller & File Server Samba 4,Linuxnya pake SLES juga yaa,terus bisa bikin bacup domainnya ga pak atau replicatenya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu